Langsung ke konten utama

Pengertian dan Manfaat Analisis SWOT

Hallo sahabat belajar diseluruh nusantara, kembali saya memberikan informasi mengenai analisa dalam sebuah mempersiapkan untuk mencari peluang usaha atau berwirausaha.

Alangkah baiknya jika kita benar-benar bisa menganalisa bagaimana peluang usaha yang akan kita geluti nanti.

Analisis apa yang benar-benar cocok untuk menganalisis rencana usaha kita, yaitu dengan Analisis SWOT.

Analisis SWOT merupakan sebuah analisis yang penting untuk dilakukan bagi bisnis UKM. Mengapa demikian? Analisis SWOT adalah sebuah bentuk perencanaan strategi bisnis yang diambil dari 4 sisi utamanya, SWOT, Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman).


Memiliki ide untuk membuat sebuah usaha atau produk bisa di katakan gampang-gampang susah. Karena ketika kita sudah bisa menentukan usaha apa atau barang apa yang akan kita jalankan atau jual di pasaran, terkadang kita binggung untuk siapakah produk tersebut atau target dari usaha tersebut. Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran atau menjalankan sebuah usaha, sebaiknya terlebih dahulu Anda ketahui dari segi kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk Anda atau usaha yang akan dijalankan.


Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan sebuah singkatan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman). Pertama kali dikenalkan oleh Albert Humphrey seorang pimpinan proyek di Universitas Stanford. Analisis SWOT ini didasarkan pada sebuah anggapan jika sebuat strategi yang efektif berasal dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan juga eksternal (kesempatan dan ancaman) dari sebuah bisnis atau organisasi. Oleh karena itu, analisis ini menggabungkan ke-empat faktor dari internal dan eksternal.


Manfaat Analisis SWOT

Bagi bisnis UKM, manfaat analisis SWOT perusahaan sendiri adalah sebagai strategi penentu masa depan keberlangsungan bisnis perusahaan. Bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi misinya untuk mencapai tujuan (visi) perusahaan. Analisis SWOT perusahaan ini dapat dugunakan oleh stakeholder untuk mengetahui kondisi faktor internal dan eksternal dari perusahaannya.


Analisis SWOT, analisis SWOT UKM

Beberapa manfaat digunakan untuk perencanaan bisnis perusahaan di masa depan. (Source: pixabay)

Penilaian SWOT perusahaan ini membantu untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan, apakah hal itu berasal dari internal ataukah dari faktor eksternal perusahaan. Tanpa adanya informasi tersebut, Anda tidak dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar , minat dan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan, serta tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau udaha Anda. Untuk itu, analisa produk atau usaha (organisasi) sangat penting dilakukan sebelum Anda menawarkan produk Anda dan juga menjalankan usaha Anda.

Faktor Analisis SWOT

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor analisis ini dibagi menjadi 2 yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Internal terdiri dari Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) sedangkan Faktor Internal terdiri dari Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman).

Beberapa faktor internal yang dapat digunakan untuk analisis ini dari sisi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah kondisi keuangan, sumber daya manusia, masalah internal, pencapaian perusahaan ataupun hal penting di perusahaan, inti dari faktor internal ini adalah segala hal yang datang langsung dari dalam perusahaan, bukan dari luar. 

Sedangkan faktor eksternal yang dapat digunakan dapat disederhanakan menjadi PESTEL yaitu Politic (Politik), Economic (Ekonomi), Social (Sosial), Technology (Teknologi), Environment (Lingkungan) dan Legal (Peraturan/Hukum). Sebaliknya, faktor eksternal ini haruslah berasal dari luar perusahaan, segala hal diatas dapat dibedakan menjadi Opportunity (kesempatan) maupun Threat (Ancaman)

Contoh Analisis SWOT Bisnis UKM

Setelah mengetahui pengertian, manfaat dan faktor dari analisisnya. Berikut contoh sederhana yang wajib Anda pahami. Contoh analisis ini didasarkan dari bisnis jualan tas wanita online.


Strength (kekuatan) 

  1. Konsep gaya yang ditawarkan adalah kekinian atau update trendy terkini
  2. Harga merakyat atau bisa dijangkau semua kalangan, dengan kualitas bahan yang baik
  3. Lokasi yang mudah dijangkau dan tempat yang nyaman
  4. Memiliki website dan forum pribadi juga kontak delivery order
  5. Mengutamakan model terbaru dan kekinian sesuai trend
  6. Keterjaminan dalam penyampaian barang yang dijual


Weakness (kelemahan) 

  1. Kurangnya kemampuan untuk menyediakan barang (ready stock) terkadang harus menunggu untuk bisa mendapatkan barang yang dipesan
  2. Modal untuk mengembangkan usaha masih kurang
  3. Modal besar untuk pembelian barang
  4. Masih belum membuat produk tas sendiri sebagai brand unggulan


Opportunity (kesempatan) 

  1. Permintaan pasar yang terus menerus ada, didukung oleh tren tas wanita yang terus berkembang
  2. Masih jarangnya toko tas online yang menyediakan forum untuk saling berbagi satu sama lainnya
  3. Social media membantu untuk pemasaran dengan cepat, didukung banyaknya influencer yang sesuai untuk target market (wanita muda)


Threat (ancaman) 

  1. Mulai banyak yang penjual tas online yang bermunculan, menawarkan harga yang terkadang jauh lebih murah
  2. Harga dari supplier yang semakin mahal dan peraturan pajak yang berubah dari pemerintah


Salah satu faktor analisis SWOT yang dijelaskan diatas adalah faktor keuangan. Penting bagi Anda, pelaku bisnis UKM, untuk paham mengenai kondisi keuangan perusahaan Anda. Hal yang dapat digunakan adalah melalui analisis di laporan keuangan, laporan keuangan kini dapat diperoleh dengan sangat mudah oleh Anda melalui software akuntansi.  Sleekr Accounting adalah salah satu contoh software yang membantu pembuatan laporan penjualan dan pembelian UKM hingga laporan keuangan secara komprehensif dan mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPARAN DESKRIPTIF, NARATIF, ARGUMENTATIF ATAU PERSUASIF TENTANG PRODUK JASA

Paparan Deskriptif, Naratif, Argumentatif, atau Persuasif tentang Produk Jasa A. Kompetensi Dasar 3.16 Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa 4.16 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa B. Indikator Pencapaian 3.16.1 Menjelaskan paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa 3.16.2 Menganalisis paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa 4.16.1 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa C. Materi 1. Deskriptif Paragraf deskriptif adalah sebuah paragraph yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar para pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. Paragraf deskripsi ini menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Paparan deskriptif berisi penjelasan singkat mengenai produk/jasa yang ditawarkan. Ciri-ciri paparan deskriptif: Mengga

STANDARISASI dan SERTIFIKASI PRODUK

STANDARISASI dan SERTIFIKASI PRODUK 1.       Pengertian Standarisasi Dan Sertifikasi Produk Istilah dari standarisasi berasal dari kata standar yang memiliki arti satuan ukuran dan dapat digunakan sebagai dasar pembanding kualitas, kuantitas, nilai, dan hasil karya yang nyata. Dalam arti yang luas, standar menunjukkan spesifikasi dari suatu produk, bahan, maupun proses. Standarisasi diimplementasikan pada saat sebuah perusahaan menghasilkan dan mengeluarkan sebuah produk ke pasaran. (sumber : https://www.caraprofesor.com/mengenal-pengertian-standarisasi). Sebagai contoh,apabila produsen akan memproduksi kran air sebaiknya ukuran kran yang disuat mengikuti standar dari ukuran pipa air yang ada.Produsen bisa membuat kran dengan ukuran ¼ inci atau ½ inci sesuai dengan ukuran pipa air yang sering digunakan konsumen. Menurut ketentuan Pasal 1 angka 2 PP NO. 102/2000 tentang Standar Nasional, Standarisasi adalah proses merumuskan,menetapkan,menerapkan dan merevisi standar yang dilaku

PENGUJIAN PRODUK

     Assalamualaikum Wr. Wb. Hallo sahabat Tepas Belajar dimana pun anda berada, kali ini saya akan membagikan artikel mengenani pengujian produk pada mata pelajaran PKKWU kelas XII, silahkan disimak! HAKIKAT PENGUJIAN PRODUK P engujian produk merupakan kegiatan penting untuk menjamin kualitas produk di pasaran,sebelum sebuah produk dipasarkan perlu dilakukan pengujian produk terlebih dahulu.Pengujian produk dilakukan degan pengukuran terhadap sifat dan kinerja produk tersebut sesuai standar tertentu.      Proses pengukuran sifat atau kinerja suatu produk inilah yang disebut dengan pengujian produk. Jadi pengujian produk adalah segala proses yang dilakukan oleh seorang peneliti,baik melalui pengukuran kinerja, keamanan, kualitas dan kesesuaian produk terhadap standar yang telah ditetapkan.      Bagi produsen, hasil pengujian produk berguna dalam pengarsipan dan untuk mendapatkan hak paten atas produknya. Selain itu,pengujian produk dapat digunakan sebagai persyaratan dalam peluncuran p